Diajukan Untuk Memenuhi Tugas ISBD

Rabu, 15 Juni 2011

Manusia dan Lingkungan


Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan dengan segala fungsi dan potensinya yang tunduk kepada aturan-arturan Tuhan. Sedangkan Linkungan merupakan suatu media dimana  makhluk hidup tinggal mencari penghidupan dan memliki karakter serta fungsi yang khas. Realisasi menusia dan lingkungan adalah hubungan yang timbal balik dan simbiosis mutualisme. Karena manusia hidup di lingkungan hidup dan lingkungan pun memerlukan manusia untuk pelestariannya.
Selain itu, manusia memang dijadikan oleh Allah sebagai khalifah di muka bumi ini, dalam surat Al-Baqarah ayat  30 yang artinya “dan ketika Tuhanmu berkata kepada malaikat sesungguhnya Aku menciptakan Khalifah di dunia”. Dari ayat tersebut, maka terdapat  dua fungsi manusia di dalam kehidupannya, yaitu sebagai hamba Allah dan sebagai Khlifah atau pengganti Allah di bumi.
Di dalam fungsi yang kedua, maka manusia memiliki fungsi amanah, tnaggungjawab, wewenang, dan kebebasan menentukkan  pilihan dan kreatifitas akal.

Lingkungan manusia hidup dalam ekosistem yakni suatu unit lingkungannya. Dalam ekosistem terdapat komponen abiotik pada umumnya merupakan  faktor lingkungan yang mempengaruhi makhluk hidup lainnya.
Manusia sedikit semi sedikit  mulai menyesuiakan diri pada alam lingkunan hidunya. Perubahan alam lingkungan manusia akan berpengaruh baik secara positif ataupun negatif berpengaruh baik bagi manusia  karena manusia mendapat keuntungan dari perubahan tersebut  dan berpengaruh tidak baik  karena dapat mengurangi kemampuan  alam lingkungan hidupnya  untuk menyokong kehidupannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar