Diajukan Untuk Memenuhi Tugas ISBD

Rabu, 15 Juni 2011

Bagaimana bila ipteks tanpa dilandasi nilai-nilai etis dan religius ?


Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang dan dapat mendatangkan kemakmuran. Perkembangan IPTEKS di satu sisi sangat membantu kehidupan manusia dibumi, selain itu IPTEKS juga dapat menghasilkan sebuah penemuan-penemuan yang dapat mempermudah kehidupan manusia dalam beraktivitas dan berkreatifitas. Akan tetapi, bila IPTEKS tanpa dilandasi oleh nilai-nilai etis dan religius. IPTEKS tersebut dapat membawa kehancuran moral dan akhlak bagi manusia, kehancuran tersebut terjadi karena sifat ketidakpuasan serta manusia tidak bisa mengambil nilai manfaat dari teknologi yang digunakan atau manusia tersebut menyalahgunakan IPTEKS untuk kepentingan sesaat saja.
      Beberapa dampak negatif yang telah muncul antara lain dalam bidang: informatika,persenjataan,biologi,medis dan lingkungan hidup..
1.Informatika
   kemajuan komputer dan informasi faktanya juga membuat dunia kejahatan makin canggih.Praktek-praktek pencurian melalui jaringan komputer dan internet,seperti pembobolan bank, penipuan transaksi dagang melalui  via internet, perusakan pikiran, moral  yang terutama melihat situs-situs yang berbau pornografi yang sekarang mudah di akses lewat internet dan lain sebagainya.
2.Persenjataan
   Persenjataan yang canggih juga dapat mangakibatkan dampak negatif,bisa menimbulkan kerusakan dan kerugian yang lebih besar atau korban yang jauh lebih banyak daripada senjata tradisional.
3.Biologi
    Teknologi rekayasa dibidang biologi  juga mengalami kemajuan yang sangat.Dengan teknologi ini kalangan ahli biologi kini mampu mengembangkan apa yang  apa yang disebut sengan clooning,dengan clooning ini manusia ingin menciptakan manusia baru dengan cara menhubungkan sperma perampuan dan lelaki.
4.Lingkungan hidup
  Dengan kemajuan IPTEKS dapat juga merusak lingkungan akubat pembangunan industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar