Diajukan Untuk Memenuhi Tugas ISBD

Kamis, 07 April 2011

pertemuan-4

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK POLITIK
Sabagai makhluk politik manusia sesalu membutuhkan orang lain dan memiliki strategi dalam mempertahankan kehidupannya,sehingga kehidupannya dengan masyarakat dan organisasi social merupakan sebuah keharusan.Allah telah memberikan watak agresif yang alami bagi setiap makhluk.
Manusia diberi kemempuan berfikir. Dengan akal nya manusia bsa mempertahankan hidupnya. Maka dari itu, timbulah suatu cara agar manusia dapat memenuhi keinginannya dan bias bersaing mengalahkan orang lain yang dinamakan dengan politik.
Dengan politik manusia bisa merencanakan dan menyusun strategi dalam bertindak. Karena manusia tidak lepas dari yang namanya politik, maka dari itu manusia dinamakan sebagai makhluk politik.
Ciri manusia sebagai makhluk politik dapat kita lihat bahwa dalam kehidupan manusia selalu ditandai dengan adanya penentuan atas pilihan-pilihan dalam menjalani hidupnya.
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK EKONOMI
Ekonomi merupakan salah satu ilmu social yang mempelajari aktifitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran dan konsumsi barang dan jasa. Untuk memenuhi kebutuhannya, manusia melakukan berbagai kegiatan. Kegiatan manusia dalam memenuhi atau memuaskan kebutuhannya harus sesui dengan kemampuannya. Kegiatan inilah yang menunjukan kedudukan manusia sebagai MAKHLUK EKONOMI (HOMO ECONOMICUS).
Inti dari masalah ekonomi yang dihadapi manusia adalah kenyataan bahwa kebutuhan manusia jumlahnya tidak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan manusia jumlahnya terbatas. Sebagai makhluk ekonomi yang bermoral manusia berusaha memilih dan menggunakan sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhannya dengan memperhatikan nilai-nilai agama dan normo-norma social, tidak merugikan orang lain, menggunakan sumber daya alam secara selektif, serta memperhatikan kelestrian lingkungan.
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK PSIKOLOG
Manusia adalah insan bila dilihat dari sudut pandang psikolognya. Kenapa manusia disebut insan, insan dalam bahasa Arab menunjuk manusia sebagai psikolog, kata insan berasal dari tiga asal kata: UNS bermakna mesra, harmoni, jinak, tampak. Bila kita menyatukan tiga asal kata tadi menjadi sebuah definisi maka manusia bila ditinjau dari sisi psikologinya adalah makhluk yang memiliki harmoni jiwa, cinta, benci, jinak, terkadang stres atau sering lupa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar